Selamat Datang, Slahkan Masuk di Blog Saya,...

Blog ini berisi artikel-artikel menarik baik artikel Islam maupun umum yang bertujuan menambah wawasan sahabat-sahabat semua,...yang kadang sering tak terduga di sekitar kita..

Senin, 28 Februari 2011

7 KEAJAIBAN JANIN


Proses pembelajaran janin sudahdimulai sejak dalam kandungan, janin ikut belajar pada trimester keduadan ketiga, seperti di dalam ruang Amphitheater yang lebih canggih darikelas mana pun di dunia.Berikut keahlian-keahlian bayi yang sudahdimiliki sejak dalam kandungan, menurut Fred J. Schwartz, MD, ahlianestesi dari Piedmont Hospital in Atlanta, Georgia dikutip, Sabtu(26/2/2011).


1. Kebiasaan Menghisap Jempol
Wajar jika kebanyakan bayi suka mengisap jempol, karena ternyatakebiasaan ini sudah dimulai sejak dalam kandungan. Refleks isap inimembantu bayi saat akan menyusu, maka ibu tidak perlu lagi memaksakanuntuk menyodorkan puting. Keahlian mengisap jempol ini sudah mulai sejakminggu ke-19 karena otak bayi telah mencapai jutaan saraf motoriksehingga ia mampu membuat gerakan sadar seperti menghisap jempol.

2. Kebiasaan Berenang
Sejak bayi di dalam kandungan ia sudah terbiasa berada di dalam airselama 9 bulan, yaitu cairan ketuban. Bayi sedang senang-senangnyaberenang di usia kehamilan 20 minggu. Saat ini bayi sedang membuatgerakan-gerakan aktif yang dapat dirasakan ibu, mungkin karenapanjangnya baru separuh dari panjang lahir dan beratnya baru sekitar 340gram sehingga ia masih punya banyak ruang untuk berenang.

3. Kebiasaan Cegukan
Saat hamil, terkadang ibu merasakan gerakan continu di satu bagianperutnya. Bisa jadi saat itu janin sedang cegukan. Hal ini biasanyadirasakan sejak kandungan menginjak minggu ke-25. Hal ini menandakanbahwa janin sedang berlatih pernapasan. Saat ini janin menghirup danmengeluarkan air ketuban, ketika air ketuban yang tertelan terlalubanyak maka ia akan cegukan. Hal ini sesuatu yang wajar.

4. Mendengar
Banyak yang menyarankan ibu hamil sering-sering berkomunikasi denganjanin dalam kandungannya. Hal ini benar, karena meski masih di dalamkandungan, janin sudah dapat mendengar suara ibunya sendiri dan suaraorang lain di sekitarnya. Saat melakukan USG 4 dimensi, selain memeriksakelengkapan organ tubuh, dokter juga akan meminta janin melakukansesuatu dan melihat respon si janin. Misalnya, ketika janin sedangmenunduk, ketika dokter meminta ia menegakkan kepala, ternyata janinbisa mengikuti perintah. Jadi sebaiknya ibu hamil berhati-hati dalamberkata-kata karena janin juga bisa mendengar jika ibunya sedangmarah-marah. Hal ini terbukti dengan reaksi perut yang langsungmengencang.

5. Membedakan Terang dan Gelap
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi sejak dalam kandungan 27-28minggu sudah bisa membuka matanya, sehingga sudah bisa membedakan antaragelap dan terang. Bisa terlihat ketika dokter menempelkan senter diperut, ia bisa melihat cahaya yang masuk melalui dinding rahim. Bahkanjanin bisa mengedipkan mata jika menurutnya terlalu silau atau terang.

6. Mengekspresikan Diri
Sejak dalam kandungan janin ternyata sudah bisa mengekspresikan dirisesuai dengan yang sedang dirasakan ibunya. Jika ibu dalam keadaanbahagia, duduk santai sambil mendengarkan musik, maka janin juga akanmerasakan kebahagiaan tersebut sehingga ia akan tersenyum. Sebaliknya,jika ibu sedang stres, maka janin akan menyengitkan dahi. Lihat sajapada potret USG 4 dimensi bayi Anda. emzzz,,,,

7. Belajar Dua Bahasa
Ternyata, bayi di dalam kandungan bisa belajar memahami bahasa yangsering ia dengar, bahkan hingga dua bahasa sekaligus. Dan kemampuan initerbawa hingga mereka lahir. Dalam sebuah penelitian yang dimuat diPsychological Science, bayi yang terbiasa mendengar dua bahasa selamadalam rahim ibunya kelak akan lebih mudah belajar dua bahasa. Hal inijuga sesuai dengan hasil penelitian psikolog dari Universitas of British Columbia dan Organization for Economic Cooperation and Development di Perancis.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar